Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Mengenai Saya

Download

Lorem ipsum dolor sit amet

Etiam sit amet turpis. Duis nulla diam, posuere ac, varius id, ullamcorper sit amet, libero. Nam sodales, pede vel dapibus lobortis, ipsum diam molestie risus, a vulputate risus nisl pulvinar lacus.

Selasa, 22 Juni 2010

Menaik Turunkan Nada ( Transposisi chord dan nada)

Transpose artinya memindahkan (naik/turun) nada dasar/chord pada sebuah lagu menjadi lebih rendah maupun lebih tinggi. Jenis suara setiap orang berbeda-beda, karena itu dalam bermain musik kita tidak boleh hanya terfokus pada satu susunan chord yang telah kita hafal. karena belum tentu orang yang akan kita iringi memilki jenis sura yang cocok dengan chord yang akan kita mainkan. sebagai contoh : Penyanyi pertama akan menyanyikan lagu dengan nada dasar C=1 (do) dengan rangkayan chord : C G Am Em F C7 Dm G .
Penyanyi kedua memiliki nada yang rendah dan akan menyanyikan lagu yang sama, maka langkah yang harus kita lakukan adalah mentranpose nada dasar menjadi G=1 (do), maka susunannya menjadi apabila nada tersebut kita turunkan 2,5 interval : G D Em Bm C G7 Am D.
tranposisi ini sangat berguna untuk men adaptasikan suara dari penyanyi, sehingga penyanyi tidak harus berjuang berat untuk menyesuaikan suara dengan permain kita, tapi kita sebagai player yang menyesuaikan musik dengan jenis suara sang penyanyi.
Catatan:

1. Penurunan nada dasar bisa dilakukan dari posisi mana pun, bahkan posisi nada dasar kruis (#) atau mol (b), bahkan nada dasar Minor.

2. Kruis artinya nada dasar/chord/nada yang mendapatkan tambahan ½ interval. Misal F# (berarti F yang dinaikkan ½ interval, jadi ketinggian F# adalah ½ interval lebih tinggi daripada F, dan ½ interval lebih rendah dari pada G. Jika pada keyboard atau piano, posisi nada F# ada pada tuts hitam di antara nada F (Fa) dan G (Sol). F# bisa disebut Juga Fis. Ketinggian F# = Gb

3. Mol (b) artinya nada dasar/chord/nada yang mendapatkan pengurangan ½ interval. Misal Gb berarti G yang diturunkan ½ interval, Gb adalah ½ interval lebih rendah daripada G, dan ½ interval lebih tinggi dari F. Jika pada keyboard atau piano, posisi nada Gb ada pada tuts hitam di antara nada F (Fa) dan G (Sol). Ketinggian Gb = F#

4. Transposisi ini bisa merubah nada dasar dan chord, tapi tidak merubah penambahan mayor, minor, atau 7 dari chord asal sebelum di transpose.
Misal:
Chord C (Mayor) jika dinaikkan 1 interval menjadi D (Mayor)
Chord Cm (Minor) jika dinaikkan 1 interval menjadi Dm (Minor)
Chord C7 (sevent) jika dinaikkan 1 interval menjadi D7 (Sevent)
Jadi meski kita menaik turunkan rangkaian chord sebuah lagu untuk mendapatkan nada dasar yang berbeda, namun Mayor, Minor, 7 (seventh) yang ada pada setiap chord tidak berubah.

5. Sebuah nada atau chord hanya bisa menjadi kruis (#) jika berjarak 1 interval dengan nada di atasnya. Jika hanya ½, maka otomatis berpindah menjadi nada di atasnya.
Misal: Nada/Chord E, jika dinaikkan(transpose) ½ interval otomatis menjadi F, bukan E#.
Sebaliknya sebuah nada atau chord hanya bisa menjadi (b) jika berjarak 1 interval dengan nada dibawahnya. Jika hanya ½ interval otomatis menjadi nada dibawahnya.
Misal : Nada/Chord C jika di turunkan ½ interval otomatis menjadi B, bukan Cb.

6. Dalam keyborard, setiap mentranspose dengan menu transpose sesungguhnya kita sedang menaik/turunkan sebuah nada/nada dasar/chord berdasarkan hukum interval nada. Hanya saja hitungan transpose pada keyboard adalah ½ interval untuk setiap penambahan (+) atau pengurangan (-).
Mentranspose +1 pada keyboard, berarti anda sedang menaikkan ½ interval dari nada/nada dasar/chord asal. Mentranspose +2 berarti anda telah menaikkan 1 interval dari nada/nada dasar/chord asal, dan seterusnya
Mentranspose -1 berarti anda sedang menurunkan ½ interval dari nada/nada dasar/chord asli. Mentranspose -2 berarti anda telah menurunkan 1 interval dari nada/nada dasar/chord aslinya, dan seterusnya.

1 komentar:

music-net mengatakan...

latihan nada dasar aja dari c sampe ke b...
jangan terlalu terpaku sama transpose, supaya bisa upgrade skill keyboardnya. bisa dimulai dengan nada dasar c lalu g, a, d, e, f, b dll n dlanjutin dengan nada dasar yg nada stgeah2 c# d# dll...

=D keep practice

Poskan Komentar